Cari Blog Ini

Selasa, 13 Oktober 2015

KEGIATAN PENYELENGGARAAN DISEMINASI DBE-3 USAID PRIORITAS KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2015 KELOMPOK IPA-1






KELOMPOK IPA-1







                            ELLIYA SOPIANA          SMP NEGERI 1 KANDANGHAUR
                            CATUR ARTATI             SMP NEGERI 3 TERISI
                            DASEM                              SMP NEGERI 2 LOSARANG
                            TITIN ICHMAYATIN     SMP NEGERI 1 TERISI
                            CECEN ROHENDI          SMP NEGERI 2 KROYA
                            WARDINAH                      SMP NEGERI 2 BONGAS





 












KEGIATAN PENYELENGGARAAN DISEMINASI
DBE-3  USAID PRIORITAS
KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN 2015






HALAMAN PENGESAHAN




1.    Nama Dokumen :           LAPORAN KEGIATAN MATA PELAJARAN IPA
2.    Unit Kerja           :           SMP NEGERI …………………………………………








Telah diteliti dan diresmikan penggunaannya dan dinyatakan mulai berlaku sejak disahkan


Disahkan di  : Kandanghaur
Tanggal           :   12 Oktober  2015


Mengetahui,
Kepala SMPN …………………                           Guru Mata Pelajaran,
                 


……………………………………                        ……………………………………       
NIP.                                                                      NIP.


Mengesahkan,
Pengawas Mata Pelajaran IPA
Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu




SUPRIYANTO, M.Pd
NIP. 19670409 199103 1 006


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :  S M P Negeri 1 Kandanghaur
Mata Pelajaran            :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  VIII / I


Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Waktu                        : 2 X 40 menit (2 JP)

Indikator
Dapat membedakan jumlah detak jantung sesudah dan sebelum beraktifitas

A.  Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menjelaskan  perbedaan jumlah detak jantung sebelum dan sesudah beraktifitas

Karakter siswa yang diharapkan :                       
Religius
Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerjasama dan Jujur
Percaya diri

B.  Materi Pembelajaran
      Sistem transpor pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, observasi, dan percobaan
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Memberi Salam, berdoa, mengabsen siswa satu persatu (beri sentuhan)
            b.  Apersepsi
 -     Guru menyuruh siswa untuk memegang dada sebelah kiri, dan menanyakan “Apa yang kalian rasakan?   
-      Guru menanyakan kepada siswa,” Mengapa  Dokter memegang pergelangan tangan pasien? 
                 Motivasi
  1)  Apa peranan jantung dalam sistem transpor manusia ?
                  2)  Bagaimana bedanya vena dan arteri ?
                  3)  Termasuk sistem peredaran darah apakah sistem peredaran darah manusia?
                 Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah mempelajari alat transportasi pada manusia (jantung)

     


Senin, 05 Januari 2015

Bang Imam Berbagi: Up Date Penetapan NIP CPNS K2 di Banten & Jawa Bar...

Bang Imam Berbagi: Up Date Penetapan NIP CPNS K2 di Banten & Jawa Bar...: Kantor Regional 3 Bandung : Selesai 17.487 Orang Bandung (BIB) -  Hingga tanggal 29 Desember 2014, proses NIP CPNS K2 yang sudah sel...