KELOMPOK IPA-1
ELLIYA
SOPIANA SMP NEGERI 1 KANDANGHAUR
CATUR
ARTATI SMP NEGERI 3 TERISI
DASEM SMP NEGERI 2
LOSARANG
TITIN
ICHMAYATIN SMP NEGERI 1 TERISI
CECEN
ROHENDI SMP NEGERI 2 KROYA
WARDINAH SMP NEGERI 2 BONGAS
KEGIATAN PENYELENGGARAAN DISEMINASI
DBE-3 USAID
PRIORITAS
KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN 2015
HALAMAN PENGESAHAN
1. Nama Dokumen : LAPORAN KEGIATAN MATA PELAJARAN IPA
2. Unit Kerja : SMP NEGERI …………………………………………
Telah diteliti dan diresmikan penggunaannya dan
dinyatakan mulai berlaku sejak disahkan
Disahkan di : Kandanghaur
Tanggal : 12 Oktober
2015
Mengetahui,
Kepala SMPN ………………… Guru Mata
Pelajaran,
…………………………………… ……………………………………
NIP. NIP.
Mengesahkan,
Pengawas Mata Pelajaran IPA
Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu
SUPRIYANTO,
M.Pd
NIP. 19670409 199103 1 006
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : S M P Negeri 1 Kandanghaur
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas
/ Semester : VIII / I
Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
Waktu : 2 X 40 menit (2 JP)
Indikator
Dapat membedakan jumlah detak jantung
sesudah dan sebelum beraktifitas
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan perbedaan jumlah detak jantung sebelum dan
sesudah beraktifitas
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius
Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerjasama dan Jujur
Percaya diri
B. Materi Pembelajaran
Sistem transpor pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, observasi, dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
dan kooperatif.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Memberi
Salam, berdoa, mengabsen
siswa satu persatu (beri sentuhan)
b. Apersepsi
- Guru
menyuruh siswa untuk memegang dada sebelah kiri, dan menanyakan “Apa yang kalian rasakan?
- Guru menanyakan kepada siswa,” Mengapa
Dokter memegang pergelangan tangan pasien?
Motivasi
1)
Apa peranan jantung dalam sistem transpor manusia ?
2) Bagaimana
bedanya vena dan arteri ?
3) Termasuk
sistem peredaran darah apakah sistem peredaran darah manusia?
Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah
mempelajari alat transportasi pada manusia (jantung)
2. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
macam organ dan jaringan penyusun sistem transportasi manusia.
F
Menjelaskan
sistem peredaran darah manusia.
F
Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang alat transportasi pada manusia (pembuluh darah)
F
Menjelaskan
pembuluh arteri dan pembuluh vena.
F
Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di kelas, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dengan
bimbingan guru melakukan percobaan tentang denyut pembuluh darah dan dilanjutkan diskusi organ dan
jaringan penyusun sistem transportasi dan sistem
peredaran darah manusia
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
F
Guru
memberi tugas rumah.
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan : - Stop watch/jam tangan
- Perangkat komputer
- LCD Projector
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu .
2. Buku IPA yang relevan.
3. Siswa dan guru.
G. Penilaian.
RUBRIK PENILAIAN LAPORAN JUMLAH DETAK
JANTUNG
|
|||||||
Aspek
|
Tingkatan
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
Keterampilan
Menggunakan Alat
|
Semua
anggota kelompok mahir menggunakan stop watch
|
3 siswa mahir
menggunakan stop watch
|
Hanya 2 siswa
yang mahir
menggunakan
stop watch
|
Hanya 1 siswa
yang mahir menggunakan stop watch
|
|||
Kerjasama
siswa dalam kelompok
|
Jika semua
siswa aktif dalam praktikum
|
Jika
sebagian besar aktif dan hanya beberapa yang
tidak
aktif
|
Jika setengah
anggota kelompok aktif dan setengahnya tidak aktif
|
Hanya 2 siswa yang aktif
|
|||
Melakukan
langkah langkah kerja dengan
Benar
|
Semua langkah
dikerjakan dengan benar,tertib dan teratur
|
Semua
langkah dikerjakan dengan benar tapi tidak Tertib
|
Sebagian
besar langkah kerja dilakukan dengan benar,sebagian tidak benar
|
Hanya
sebagian kecil lang- kah kerja dilakukan dengan
benar
|
|||
Membuat
laporan
|
Susunan
Laporan praktikum
benar dan
hasilnya akurat
|
Susunan
Laporan praktikum benar dan hasilnya akurat tetapi kurang rapih
|
Susunan
Laporan praktikum benar dan hasilnya akurat tetapi tidak rapih
|
Laporan salah
|
|||
Mengetahui,
Kepala SMPN …………………………….
(………………………………..............…….. )
NIP.
|
|
Kandanghaur, Oktober 2015
Guru Mapel Ilmu
Pengetahuan Alam
( …………………………………….. )
NIP.
|
Foto dokumentasi
Siswa
menenerima dan mencari informasi
Mendeteksi denyut nadi pada pergelangan tangan
Mengerjakan LK
Persentasi
kelompok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar